Gempa Sumatera

Berita-berita Gempa Sumatera

Beramal Lewat Buku di Bazar Buku untuk Donasi Korban Gempa Sumbar

Germpa di Sumatera Barat yang terjadi pada 30 September 2009 lalu masih menyisakan persoalan. Sebahagian besar penduduk di kecamatan Sungai Limau kabupaten Padang Pariaman kehilangan tempat tinggal. Korban selamat masih tinggal di tenda-tenda pengungsian dan menggantungkan hidupnya pada bantuan. Berdasarkan hasil assessment tim penanggulangan bencana Source of Indonesia, di dusun simpang sekitar 157 dari 174 KK kehilangan tempat tinggal, di dusun kampung kotto; 110 dari 150 KK kehilangan tempat tinggal. Secara garis besar rata-rata sembilan puluh persen penduduk di korong Karambi, Pinjauan, Kamumuan dan Sungai Paku kehilangan tempat tinggal dan masih mengalami trauma.

Topic:

Kategori:

Pengungsi Sumbar Makin Memprihatinkan

Medan – Pasca gempa 7,6 skala richter yang melanda Sumatera Barat (30/9) lalu, kondisi para pengungsi korban gempa semakin mengkhawatirkan. Meski sejumlah bantuan terus mengalir, namun korban gempa yang kelapan dan tinggal di lokasi-lokasi memperihatinkan masih menjadi pemandangan umum.

Kategori:

Hasil Assessment Tim Penanggulangan Bencana Source Of Indonesia ( SoI ) Di titik lokasi gempa per 05 Oktober 2009

Desa Kamumuan, Kecamatan Sungai Limau, terdiri dari 6 Dusun dengan tingkat kehancuran rumah 90 %. Pengungsi hanya menggunakan terpal dan dan tenda di depan rumah masing-masing, sangat riskan apabila terjadi gempa susulan. Jumlah Pengungsi mencapai 540 KK. Saat ini pengsungsi mulai terserang penyakit Chikungunya. Dan tidak tersedia air bersih, pengungsi harus berjalan jauh untuk membeli air. Dan saat ini pasokan air mengharapkan tadah hujan. Belum ada bantuan bantuan yang menyentuh keseluruhan dusun di desa ini.
• Rumah 90 % Rusak Berar

Kategori:

Tim ke 2 Penanggulangan Bencana SoI Tiba di lokasi

Setelah menempuh kurang lebih 26 jam perjalanan melewati medan yang cukup berat, akhirnya Tim 2 Penanggulangan Bencana Source of Indonesia (SoI) tiba di lokasi yang menurut informasi lapangan masih minim perhatian. Tim SoI menggunakan rute Medan-P. Sidempuan-Bukit Tinggi-Maninjau-Sungai Limau. Tim ke 2 ini tiba di Sungai Limau Kabupaten Pariaman pada pukul 01.00 dini hari (05 Oktober 2009).

Kategori:

Berpikir Jernih Menghadapi Dampak Bencana

Hingga Saat ini masih banyak daerah yang belum tersentuh bantuan. Desa ampek kotto kecamatan lintang, Simpang Gantiang dan beberapa titik di Kabupaten Pariaman. Pola distribusi bantuan pun menjadi satu hal yang amat penting agar distribusi bantuan bisa merata dan tertata dengan baik. Kasus penjarahan bantuan yang sempat di siarkan salah satu stasiun televisi pada tanggal 03 Oktober 2009 yang lalu merupakan dampak negatif dari pola distribusi yang belum tersistematis.

Kategori:

Pages

Subscribe to RSS - Gempa Sumatera