Sineas Muda Medan Bersaing DI FFDN

Oleh: Dedy Ardiansyah

Sineas muda Medan mencoba peruntungannya pada Festival Film Dokumenter Nasional (FFDN) di Komunitas Film Independen (Konfiden) Jakarta, Nopember mendatang. Film documenter berjudul "Pantang di Jaring Halus" (PdJH) akan bersaing dengan puluhan film-film lain dari berbagai kota di Indonesia dalam festival film documenter bergengsi tersebut.

Kesertaan film yang diproduksi SoI File Documentary (SFd) ini merupakan bentuk partisipasi para penggiat film documenter di Sumatera Utara, khususnya Medan untuk menyemarakkan perfilman di Indonesia yang mulai menemukan jati dirinya.

Demikian dikatakan Produser SFd Renta Morina Evita Nababan di Jalan Aman I No 20 Medan tentang keikutsertaan film PdJH di ajang tersebut. "Paling tidak, dengan menyertakan PdJH kita bisa mengekspresikan diri di komunita fim maker tersebut, sekaligus membuktikan bahwa anak-anak Medan juga punya potensi untuk memproduksi film-film documenter yang cerdas dan berkualitas," ujar Renta.

Sutradara fil PdJH, Onny Kresnawan menjelaskan, alasan keikutsertaan dalam arena Festival Film Dokumenter bergengsi di Jakarta tersebut merupakan bentuk lain untuk mengomunikasikan khasanah budaya daerah Sumut yang beragam sekaligus perlu dilestarikan. Karena alas an itu, mantan news cameramen salah satu TV swasta nasional itu sengaja menjadikan Pulau Jaring Halus di Kabupaten Langkat Sumatera Utara sebagai lokasi pembuatan filmnya.

Dalam film PdJH sutradara yang sempat masuk nominasi di Festival Film Dokumenter (FFD) Yogyakarta tahun 2004 berjudul "Goresan Anak Pemulung" ini memvisualisasikan keterpautan nilai-nilai Islami dan budaya Melayu, serta mistis pada masyarakat Jaring Halus saat melakukan upacara persembahan kepada penghuni laut.

Alasan lain dalam berkarya dan berkompetisi di film dokumenter, menurut Onny, karena pihaknya ingin mewujudkan mimpi bahwa film dokumenter dapat menjadi media alternative public yang layak dipercaya. Di samping media cetak dan elektronik lainnya.
Sumber: Harian Global Medan

Topic: