Ketika Toilet Menjadi Kebutuhan Terpenting

Belawan Satu – Selain fasilitas air bersih, maka fasilitas mencuci, kakus dan mandi atau lazim disebut dengan MCK adalah kebutuhan dasar manusia. Kebutuhan tersebut sudah menjadi suatu keniscayaan dalam proses kehidupan sehari-hari.

Kecamatan Medan Belawan, Kelurahan Belawan I (Satu), adalah suatu daerah berlokasi di pinggir laut yang langsung berbatasan dengan Selat Malaka, sebuah kota pelabuhan tempat bertemunya DAS Deli dan DAS Belawan. Dengan jumlah penduduk yang sangat rapat, kelurahan ini tercatat memiliki jumlah penduduk 26.582 jiwa dengan 5.065 Kepala Keluarga (KK).

Melihat jumlah penduduk yang demikian rapat memadati luas area lebih kurang 6,4 km2  maka Kelurahan Belawan I dibagi menjadi 31 lingkungan. Dapat dibayangkan karena rapat dan padatnya jumlah penduduk, wilayah ini menjadi daerah kumuh (slum area). Minim akan fasilitas umum untuk memenuhi keperluan kesehatan dan sanitasi. Penduduk umumnya membuang limbah rumah tangga dan limbah pembuangan langsung ke laut.

Sebagian besar penduduk di Kelurahan Belawan I tidak memiliki kamar mandi untuk melakukan Mandi Cuci ke Kakus (MCK) di rumah mereka sendiri, tak heran di kelurahan ini terdapat 11 buah Kamar Mandi Umum dengan kondisi sangat memprihatinkan dan dapat dikatakan tidak layak pakai.

Dengan dukungan dari Mercy Relief Singapura, Lingkungan VIII dan lingkungan X dipilih Sources of Indonesia (SoI) menjadi salah satu daerah interfensi untuk membangun 1(satu) unit MCK Plus, sekaligus pembentukan Kelompok Pengelola untuk mengurus . 
Secara sadar dan sukarela, warga bersama-sama membongkar bangunan MCK lama. Selama proses pembangunan fisik MCK sedang berlangsung, maka warga lingkungan lain bersedia menerima warga lingkungan VIII dan X menumpang ke MCK mereka, meskipun pada akhirnya mereka harus sama-sama rela antri.

Disamping pembangunan satu unit MCK Plus, SoI juga memfasilitasi beberapa pelatihan untuk warga, diantaranya pengelolaan sampah rumah tangga. Limbah kertas dan plastik yang akan di daur ulang menjadi suatu produk yang layak pakai dan layak jual. Selain untuk mengkampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat, pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi mereka. (i-a)

 

Topic: